Halo teman-teman, kali ini saya akan menghadirkan artikel ber-series tentang tutorial desain vektor dengan Inkscape. Apa tuh Inkscape? Inkscape merupakan software desain vector sama halnya dengan Colekdraw (samaran CorelDraw).
Kenapa Inkscape? ga pake Colekdraw aja?
1. Opensource, tentunya kita tidak akan di suruh membayar jika kita menggunakannya untuk personal atau bisnis kecil maupun besar.
2. Multiplatform, bisa di Windows, Linux, MacOS
3. User interface friendly, tampilan menu simple namun mumpuni,
4. Ukuran file master atau installed kecil, tidak sampai seukuran 1 CD seperti colekdraw
5. Ringan namun powerfull.
Oke cukup ya kenalan dengan inkscapenya :D
Sebelum kita mulai silahkan download dan install Inkscape dari http://inkscape.org
Bagi yang sudah mahir desain vector yang dulu user colekdraw pasti sudah tidak asing, dengan istilah-istilah desain, kalaupun mau migrasi ke inkscape juga mudah :)
Kali ini kita akan belajar "Tracing" di inkscape atau istilahnya njiplak :D jika teman2 hobi menggambar tangan di kertas lalu ingin gambarnya di vectorkan bisa di scan lalu di tracing dengan Inkscape. Tapi kali ini saya mau tracing dari gambar bitmap (jpg, png, gif) ke vector, untuk latihan saja :D
1. Siapkan file gambar berekstensi jpg/pgn/gif, gambar ini adalah yang akan kita jiplak
2. Buka file baru di Inkscape, import gambar bitmap tadi ke lembar kerja dengan masuk menu File > Import, atau tekan Ctrl+I, pilih gambar klik ok dan pilih "embed"
3. Atur ukuran sesuai dengan keinginan menggunakan transform tool (gambar anak panah)
4. Kita mulai tracing dengan bezier curve, tool ini mirip pentool di sotosop (samaran photoshop), buat path dengan mengikuti saja alur gambar
sementara seperti itu, nanti kita edit node pathnya supaya bisa melengkung.
5. Lengkungkan path dengan tool edit node ini, lihat gambar
kalau di colekdraw harus mengkonvert line ke curve baru bisa di lengkungkan, sementara di inkscape bisa langsung kita lengkungkan dengan tool edit node, caranya tarik garis diantara dua titik node hingga pas dengan gambar jiplaknya.
6. Lakukan hal yang serupa dengan bentuk lainnya, hingga path jadi seperti gambar dibawah ini
Supaya terlihat, kita bisa menggeser gambar aslinya ke atas dengan transform tool. lihat gambar, yang dibawah merupakan hasil path/curve yang telah kita gambar dengan tool bezier curve tadi.
7. Kita bisa memberi fill warna dengan mengklik objek lalu mengklik warna di pallete warna yang ada toolbar dibawah
lakukan hal yang sama dengan yang lainnya
8. Anda bisa mengganti warna ataupun menghilangkan stroke atau garis tepi yang berwarna hitam itu, dengan menseleksi objek, lalu menekan Sift+Klik kiri ke pallete warna di bawah.
Ulangi langkah yang sama untuk mengilangkan garis yang lainnya
Sudah jadi dan mirip bukan? anda sudah bisa meneruskannya sendiri tentunya :)
Thank banget bro bantuannya,keren banget
ReplyDelete