Selamat siang, Kali ini saya akan berbagi tutorial sederhana mengatasi masalah koneksi internet pada router/modem speedy. :D
Di kantor saya sering sekali mengalami gangguan speedy, kasus masalah yang biasanya terjadi adalah :
Kita tidak bisa terkoneksi dengan internet, lampu indikator ADSL menyala, tapi indikator Internet di modem tidak menyala.
Apa sih maksudnya? Ini berarti jaringan telepon/adsl pada nomor telkom yang ditumpangi lancar, tetapi tidak bisa terkoneksi dengan internet. kemungkinan penyebabnya:
a. Jaringan yang kecantol (entahlah istilahnya apa) hehehe solusinya matikan dulu modem tunggu beberapa menit lalu coba nyalakan kembali, Jika cara a diatas tidak berhasil coba masuk setting modem dari browser ke alamat 192.168.1.1 login dengan user dan password anda, inputkan ulang settingan anda yang terakhir lalu save dan restart modem,
b. Adanya kerusakan eror pada jaringan di server speedysendiri.
Saya sering mengalami kasus ini yang akhirnya mengharuskan saya untuk menelpon 147 (customercare telkom), untuk anda yang belum pernah menelpon telkom 147, berikut saya jelaskan tutorial menelpon telkom 147 untuk keluhan pelanggan:
Saya sering mengalami kasus ini yang akhirnya mengharuskan saya untuk menelpon 147 (customercare telkom), untuk anda yang belum pernah menelpon telkom 147, berikut saya jelaskan tutorial menelpon telkom 147 untuk keluhan pelanggan:
- Angkat gagang telpon anda, jangan di buang atau dibanting, tekan nomor 147 tunggu sampai dijawab oleh robot operatornya si telkom
- Akan ada bunyi "Selamat datang di telkom 147, untuk bahasa Indonesia tekan 1, for english press 2", tekan angka 1 saja :D anda boleh tekan angka 2 jika anda mahir berbahasa inbgris :D, si robot bakal bertanya lagi "Untuk layanan telkom tekan 1, untuk layanan speedy tekan 2" tekan 2 karna kita akan melaporkan perihal speedy, dia akan bertanya lagi "Untuk langganan dan informasi produk tekan 1, untuk keluhan pelanggan tekan 2" tekan angka 2
- Kali ini yang akan menyapa anda adalah manusia sungguhan bukan robot si telkom lagi, contoh dialog yang bisa anda gunakan:
Telkom : "Selamat siang telkom speedy, ada yang bisa kami bantu?"
Anda : "Siang mba, saya mau bertanya internet speedy di sini kok mati ya?" bertanya lah seolah-olah anda orang awam :D
Telkom : "Baik, sebelumnya dengan siapa saya berbicara? bisa diinformasikan nomor id speedy atau nomor telpon yang digunakan untuk internet?"
Anda : "Saya (sebutkan nama), Nomor telponnya (sebutkan nomor telpon speedy anda)" lebih mudah menyebutkan nomor telpon daripada nomor id speedy karna jumlah digitnya lebih sedikit :D
Telkom : "Baik akan kami cari datanya dulu, kami mohon bapak untuk menunggu sebentar dan mohon untuk tidak menutup telponnya", tungu sebentar sampai dia berbicara lagi "Baik bapak, nomor telpon adalah atas nama ... dan alamat ..., di data kami terdeteksi internet bapak online atau lancar bapak, sudah mencoba untuk direstart modemnya?" jawab saja sedikit lebay supaya si mbaknya gugup :D
Anda : "Sudah 3x saya tadi merestart modem dan mencoba menginputkan ulang settingan di modem, tapi kondisinya tidak berubah mbak" karna tadi kita diatas sudah mencoba merestart modem dan menginputkan ulang setingan modem terakhir,
Telkom : "Baik pak kalau begitu laporan bapak kami terima dengan keluhan tidak bisa terkoneksi ke internet, nanti teknisi kami akan ketempat bapak untuk memeriksa apakah ada kerusakan di modem atau memang jaringan speedy kami, dan mohon untuk tidak memberikan uang tip pak"
Nah ini berarti, kemungkinan tinggal modem atau server speedynya, kebetulan selama ini yang terjadi seperti ini di tempat saya adalah server speedynya yang memang sedang dalam gangguan, saat nanti teknisi datang ketempat anda coba tanyakan "kenapa ya mas masalahnya?" saya mendapat 2 jawaban atas 2 situasi sewaktu itu dan jawabanya adalah:
1. Maaf, memang jaringan kami pak sedang down.
2. Maaf, ternyata kabel sewaktu pemasangan kemarin tercabut
Sepertinya jawaban nomor 2 mebuat kita agak jengkel karna itu karna kelalaian teknisi telkom sendiri :D
c. Modem anda telah wafat
Saat teknisi datang ketempat anda, dia akan menyebutkan bahwa modem anda telah wafat atau rusak (jika kasus masalah "b" diatas tidak terjadi), mau tidak mau anda harus menggantinya dengan modem yang baru,
Baiklah itu tadi tutorial cara menelpon untuk menegluhkan masalah modem speedy pada telkom 147 :D
Semoga masalah internet anda segera teratasi :)
Saat teknisi datang ketempat anda, dia akan menyebutkan bahwa modem anda telah wafat atau rusak (jika kasus masalah "b" diatas tidak terjadi), mau tidak mau anda harus menggantinya dengan modem yang baru,
Baiklah itu tadi tutorial cara menelpon untuk menegluhkan masalah modem speedy pada telkom 147 :D
Semoga masalah internet anda segera teratasi :)
Comments
Post a Comment